subscribe: Posts | Comments

Pengertian Jingling Beserta dan Dampaknya Bagi Perkembangan Blog Anda

1 comment
Pengertian Jingling Beserta dan Dampaknya Bagi Perkembangan Blog Anda

Ketika kita mengelola sebuah situs, jumlah trafik memang menjadi satu hal yang paling berpengaruh terhadap ranking dan perkembangan situs kita. Sudah pasti logikanya semakin banyak pengunjung, semakin baik juga prospek dari situs tersebut. Hal itu kemudian menjadi alasan bagi semua blogger menginginkan situs miliknya mempunyai pengunjung dengan jumlah yang sangat banyak.

Namun seperti yang diketahui untuk mendapatkan traffik situs skala besar tidak semudah dikira, sebab sebuah situs wajib memiliki banyak konten berkualitas dan mnarik: jumlahnya bisa ribuan hingga puluhan ribu artikel. Belum lagi memperhatikan kualitas SEO, Backlink, dan lain sebagainya. Artinya sebuah situs membutuhkan perjuangan yang sangat panjang agar bisa mendapatkan jumlah trafik dengan skala besar.

Meningkatkan pengunjung dalam waktu yang singkat dan instan memang bisa dilakukan, karena ada beberapa software yang berhasil diciptakan untuk menambah trafik situs tanpa batasan. Namun sayangnya cara ini tergolong sebagai salah satu tindakan curang serta berpotensi mendapatkan sanksi dari Google. Software untuk meningkatkan jumlah trafik tersebut kerap disebut dengan istilah jingling. Maka dari itu, ada baiknya kita mengetahui Jingling dan dampaknya bagi situs.

Pengertian Jingling – Apa itu Jingling?

Image: pexels.com

Sebenarnya Jingling diambil dari bahasa China yang artinya “gemerincing”. Kata gemerincing sering digunakan untuk menyebut suara uang logam yang berjatuhan. Namun dalam dunia blogging, kata jingling dipahami sebagai salah satu cara untuk mendatangkan visitor yang banyak dalam jangka waktu tertentu, biasanya relatif singkat. Jingling tidak mendatangkan trafik real human (manusia) tapi justru mendatangkan trafik bot (robot) menggunakan sistemnya.

Istilah jingling pertama diperkenalkan dalam dunia blog pada tahun 2008, sebagai salah satu software auto visitor yang berasal dari China. Anda bisa mengunjungi situs resmi aplikasi jingling di Spiritsoft, dan Ipts untuk versi Bahasa Inggris. Meskipun dikenal dengan istilah Jingling, tapi rupanya aplikasi ini justru dikenal dengan sebutan “Software traffic spirit” di dunia.

Dan fungsi utama dari jingling adalah untuk memanipulasi visitor, diciptakan dengan cara mengumpulkan alamat IP dari berbagai negara. Alamat IP yang terkumpul akhirnya dimanfaatkan oleh aplikasi Jingling menjadi visitor palsu.

Google sendiri sangat melarang para blogger menggunakan cara meningkatkan trafik secara instan tersebut, dikarenakan pihak Google menggolongkan perbuatan tersebut sebagai salah satu teknik Black Hat SEO, yang bisa dibilang sangat dilarang oleh banyak mesin pencari termasuk Google. Dan biasanya situs yang terdeteksi menggunakan cara curang tersebut akan mendapatkan sanksi dari mesin pencari berupa: dilepasnya indeks dari mesin pencari, sehingga situs anda tidak akan tampil di mesin pencari meskipun anda telah mengetikkan kata kunci secara spesifik.

Dampak Negatif Menggunakan Jingling

Image: pexels.com

Meskipun anda bisa memanfaatkan Jingling untuk meningkatkan trafik secara instan dan pastinya gratis. Namun sudah diketahui bahwa trafik yang dihasilkan oleh Jingling bukan asli manusia melainkan justru sebuah bot (robot). Itu mengartikan walaupun mempunyai trafik dengan jumlah besar tapi apabila tidak ada interaksi yang berjalan dari pengunjung. Misalkan tidak ada komentar, tidak ada reaksi sebuah konten, dan lain sebagainya maka mesin pencari akan mencurigai pengunjung tersebut sebagai tindakan spam.

Menggunakan cara curang tentu ada dampak negatif yang akan ditimbulkan. Dan berikut ini adalah dampak negatif dari menggunakan jingling.

1. Terdeteksi Spam

Image: pexels.com

Situs yang ketahuan menggunakan jingling akan terdeteksi sebagai spam oleh mesin pencari Google. Terlebih lagi Google sendiri terus mengembangkan algoritma canggih dari waktu ke waktu, sehingga tidak heran mereka dapat dengan mudah mengetahui situs mana yang menggunakan trafik real organik dan mana yang menggunakan trafik bot. Pihak Google akan menggolongkan situs dengan trafik bot ke dalam bentuk tindakan spam. Maka ini pun sekaligus membuat ranking situs menjadi lebih rendah.

2.Dibanned Google Adsense

Image: oketekno.com

Menggunakan jingling untuk meningkatkan trafik situs rupanya tidak hanya terdeteksi sebagai tindakan spam saja, namun juga berpotensi dibanned oleh Google Adsense. Adapun Google Adsense sendiri merupakan platform periklanan besutan Google yang bisa dibilang menjadi penghasilan utama dari sebuah blog. Banyak orang di seluruh dunia sukses berpenghasilan ratusan juta dari Google Adsense ini. Sehingga sangat disayangkan apabila situs anda dibanned oleh Adsense hanya karena menggunakan software jingling. Sedangkan jika telah dibanned, maka artinya anda tidak bisa lagi menayangkan iklan dan menghasilkan uang dari platform Adsense.

3. Situs Berpotensi Dihapus Google

Image: tulisbaca.com

Menggunakan aplikasi jingling baik disengaja maupun tidak ternyata situs memiliki potensi dihapus oleh mesin pencari Google. Google sendiri akan menggolongkan situs jingling sebagai salah satu situs berperingkat rendah yang tidak dikelola dengan baik. Maka dari itu pihak Google juga tidak takut kehilangan situs semacam itu karena dinilai tidak memberikan mereka keuntungan. Sebelum dihapus, Google biasanya melepas status indeks situs tersebut terlebih dahulu, sehingga konten apapun yang diterbitkan oleh situs itu tidak bisa terlihat di mesin pencari. Dalam artian situs anda tidak bisa lagi ditemukan.

Stop Menggunakan Jingling

Seperti yang sudah diketahui bahwa Google tidak menyukai situs berperilaku curang, salah satunya yakni dengan menggunakan software jingling. Situs yang berperilaku curang sendiri akan mendapatkan berbagai macam hukuman seperti deindeks dari mesin pencari, dibanned Google Adsense, berperingkat rendah, digolongkan spam, dan masih banyak lagi. Intinya situs yang bertindak curang akan dilihat buruk oleh mesin pencari.

Oleh karena itu, bermain aman seperti tidak menggunakan teknik curang, salah satunya jingling akan dilihat mesin pencari lebih baik. Selalu tingkatkan performa website, misalkan menulis konten berkualitas, mengoptimalkan SEO on-page dan SEO off-page, dan memaksimalkan backlink merupakan beberapa cara untuk mendapatkan banyak pengunjung. Situs yang dikelola dengan baik dan telah memaksimalkan segala aspek yang disebutkan maka cepat atau lambat situs bersangkutan akan mendapatkan trafik yang besar.

 

Konten asli dari : https://www.indoworx.com/apa-itu-jingling/
  1. I have mastered some important things through your blog post. One other subject I would like to convey is that there are various games available on the market designed specifically for toddler age small children. They incorporate pattern acceptance, colors, wildlife, and designs. These often focus on familiarization as opposed to memorization. This makes little kids engaged without feeling like they are studying. Thanks

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *